Jumat, November 25, 2022
Beranda blog

kerja sama tiga pilar,babinkamtibmas,Babinsa,dan kepala desa mengantisipasi kepanikan masyarakat terkhusus warga desa lonrong

0

Marak isu-isu yang berkembang terkait mewabahnya Virus Corona kepala Desa Lonrong, Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa Polres Bantaeng Bripka Muh. Aswar Sadik, dan Babinsa Serda Saruddin tergerak untuk menyikapi hal tersebut.

Dengan Door To Door Sytem (DDS) Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa Polres Bantaeng bersama babinsa 1410 Bantaeng memberikan himbauan terkait adanya isu Virus Corona, jumat ( 06/03/2020). diharapkan masyarakat Desa Lonrong untuk tidak resah, panik ataupun takut karena sampai saat ini kenyataannya belum ada satupun warga yang terkena virus tersebut diatas.

Babinkamtibmas Dan Babinsa menggandeng Pemerintah desa (Kepala Desa) untuk menyampaikan ke warga. Dengan kerja sama tiga pilar diharapkan bisa mengantisipasi kepanikan masyarakat terkhusus warga desa Lonrong.

Selain Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa pada hari ini Jumat Tanggal 6 Maret 2020 , Jam 12.45 Wita Kasat Binmas Polres Bantaeng Iptu Suardi Hasyim melaksanakan Pembinaan dan Penyuluhan di Masjid Rahmatullah Jln. S. Calendu Kel. Malilingi Bantaeng

Dalam Penyuluhannya Kasat Binmas menyampaikan pesan pesan kamtibmas antara lain mengajak jemaah agar tidak menyalahgunakan Media Sosial Khususnya Penyebaran Berita Bohong(HOAX).
Kasat Binmas juga menyampaikan bahwa Ketersediaan Sembako di pasar cukup dan Normal sehingga tidak perlu menimbun atau membeli sembako melebihi kebutuhan sehari-hari.

Respon Pengurus Masjid dan Tokoh masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Polres Atas edukasi yang disampaikan kepada jamaah apalagi yang berkenaan dengan perkembangan mutakhir sosial kemasyarakatan, sehingga kita masyarakat berupaya untuk mencegah atau mengantisipasi secara dini Insya Allah
dan semoga Giat Binluh dilaksankan secara berkelanjutan

secara terpisah Kapolres Bantaeng AKBP Wawan Sumantri ST,SH,MH. menyampaikan Agar Seluruh personil Bhabinkamtibmas dapat berperan serta dalam mensosialisasikan terkait Isu/wabah Virus Corona, agar masyarakat tidak mudah mempercayai beri berita bohong (HOAX) terkait virus Corona.

Untuk Antisipasi atau pencegahan virus tersebut diharapka masyarakat bisa menjaga diri dengan cara selalu menjaga kebersihan Diri (Cuci tangan sebelum makan), kata Kapolres Bantaeng

Keterangan gamabar:

  1. Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa dalam Menyampaikan Pesan Kamtibmas Berama Dengan Babinsa Dan Kepala Desa
  2. Kasat Binmas Polres Bantaeng Saat Memberikan Binluh

Kontributor : Djufri DS

LPK Sulsel Minta Penggunaan BOS Transparan

0

NEWS TIPIKOR/ Sulawesi Selatan, Lemahnya pengawasan dan pembinaan, serta kurangnya sanksi tegas hingga penindakan hukum, menyebabkan realisasi laporan penggunaan Dana Operasional Sekolah (BOS) masih diragukan.

Ketua DPD LPK SULAWESI SELATAN Hasan Anwar mengatakan program pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan hanya isapan jempol. Terutama demi mencerdaskan anak bangsa.

Sebab, kata dia, di lapangan muncul konflik kepentingan dan sarat kolusi korupsi, dan nepotisme (KKN). Belum lagi tumpang tindih pemahaman tugas pokok fungsi bidang pendidikan menyebabkan banyak program pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan. “Baik melalui BOS atau yang lainnya tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” kata Anwar Senin 3/3-2020

Menurut dia, sesuai dengan Undang Undang No. 14 tahun 2008 dan Juknis Menteri Pendidikan No. 161 tahun 2014 tentang BOS, perlu adanya keterbukaan informasi publik. “Selain itu, perlu juga ada pembinaan, pengawasan, dan tindakan tegas jika terjadi penyimpangan,” kata dia.

Hasil pantauan Tim LPK sulsel dan ketua DPC LPK JENEPONTO bahwa penggunaan BOS di SMKN 9 JENEPONTO Masih aboradul,kenapa tidak Kepala UPT sendiri yang jadi Bendahara Bos “dan itu perintah oknum Di DISDIK ucapnya.

Ketua DPC LPK JENEPONTO Syamsuddin mengatakan bahwa penggunaan BOS memang harus transparan dan diumumkan ke publik, terutama orangtua siswa. “Tujuannya, guna menghindari penyimpangan dan pertanyaan publik terkait penggunaan BOS,” kata dia.

Salah satu Hasil pantauan dari Tim LPK sulsel dan ketua DPC LPK JENEPONTO Senin, 3/3/20, bahwa penggunaan BOS di SMKN 9 JENEPONTO Masih amburadul dan Menyalahi Aturan Tentang Penggunaan dan Pengelolaan Dana BOS. Faktanya Disekolah Tersebut Kepala UPT sendiri yang merangkap Bendahara BOS, dan tidak menghiraukan Surat edaran dari Mendagri no. 971-7791 tahun 2018, bahwa sekolah penerima bantuan biaya operasional sekolah ( BOS ) tidak diperkenkan mengangkat bendahara BOS yang berstatus Non PNS. Namun kepala sekolah berdalih bahwa katanya tidak ada berkompeten disekolah kami seorang PNS yang bisa diangkat menjadi bendahara. Katanya itu Sah sah saja dan itu atas perintah dan Petunjuk langsung oleh oknum Di DISDIK Provinsi yang memperbolehkan kepala UPT bisa merangkap menjadi bendahara BOS. Ucapnya.

Ketua DPC LPK JENEPONTO Syamsuddin mengatakan bahwa penggunaan BOS memang harus transparan dan Itu diumumkan dalam Papan Informasi Dana BOS sehingga seluruh elemen dalam lingkup sekolahan juga berhak mengetauinya baik publik, dan Terutama perwakilan dari orangtua siswa. Yakni Komite Sekolah yang bertujuan guna menghindari adanya indikasi penyimpangan yang mengarah kepada tindak pidana Korupsi sesuai dengan Permendikbud no.18 tahun 2019, tentang wujud ketransparansian penggunaan dan pengelolaan dana BOS. Sehingga apa yang kita inginkan semua dapat berjalan sesuai dengan program pemerintah serta harapan kita semua ” Tegasnya. (Sp) .

Kontributor/Andi Ibrahim/ Andi Batara Gau

Satu anjing pelacak temukan titik diduga korban tertimbun longsor Cianjur

0

NewsTipikor.com.Tim K9 SAR Ditpolsatwa Polri mengerahkan 10 anjing pelacak atau K9 untuk mencari korban hilang akibat gempa dan longsor Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Sejak kemarin (23/11), dikerahkan 27 personel gabungan dengan 10 ekor K9.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasety menyatakan, salah satu anjing pelacak menemukan satu titik yang terindikasi adanya korban tertimbun tanah longsor di Desa Cideli, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jabar.

“Satwa K9 Ari dengan pawang Bripda Debi, berhasil menemukan satu titik sumber bau yang diperkirakan terdapatnya korban,” kata Dedi dalam keterangan resminya, Kamis (24/11).

Dedi menjelaskan, titik tersebut belum dapat ditindaklanjuti lantaran pada kemarin sore cuaca hujan deras terjadi. Sehingga, tidak aman untuk dilakukan pelacakan lanjutan maupun evakuasi korban.

“Hari ini tim gabungan melanjutkan proses tersebut dan akan terus berkoordinasi untuk mengevakuasi korban yang diduga ada di titik itu,” ucap Dedi.

Ditambahkan Dedi, faktor cuaca memang menentukan proses evakuasi korban. Terlebih, masih ada desa yang terisolir karena akses jalan yang terputus.

Untuk diketahui, data terkini dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga kini jumlah korban hilang tercatat 40 orang. Kemudian, pengungsi telah mencapai 61.908 orang.

Sementara, jumlah korban meninggal dunia sebanyak 271 orang. Selanjutnya, korban luka akibat gempa Cianjur mencapai 2.043 orang.

 

(Kadir)

Tim Gabungan Kembali Temukan Jazad Korban Longsor di Parangloe, Satu Belum Ditemukan

0

NewsTipikor.com.Gowa.Dua hari pasca terjadi bencana alam tanah longsor di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa beberapa waktu lalu, Tim Gabungan dari TNI-Polri, Masyarakat dan instansi SAR lainnya terus melakukan pencarian terhadap korban dan pembersihan material tanah longsor dilokasi kejadian tersebut.

Dengan menggunakan alat berat, Tim Gabungan kembali mengevakuasi satu korban yang hilang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di sekitar lokasi longsor tepatnya di Kampung Jonggoa Dusun Bontoloe Desa Lonjoboko Kec. Parangloe Kab. Gowa, Jumat (18/11) sekitar Pukul 12.50 WITA.

Kasi Humas Polres Gowa AKP Hasan Fadhlyh, SH saat dikonfirmasi membenarkan terkait penemuan satu Jazad korban longsor di Kecamatan Parangloe.

“Benar, Tim gabungan kembali menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia itu bernama Syamsiah (37) yang ditemukan disekitaran kejadian tanah longsor,” ungkap Kasi Humas Polres Gowa.

AKP Hasan Fadhlyh menambahkan, saat ini korban sudah dibawa oleh Pihak Keluarganya ke Rumah duka di Mandalle Dusun Asana Desa Parigi Kec. Tinggimoncong Kab. Gowa.

“Korban yang ditemukan tadi sudah berada dirumah duka dan sisa satu orang lagi yang masih dalam tahap pencarian oleh tim gabungan,” jelas Kasi Humas.

Hingga berita ini diturunkan, tim gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap satu orang warga yang masih dinyatakan hilang sejak terjadinya tanah longsor di Kecamatan Parangloe hingga saat ini.

(Humas Gowa/Kadir)

Dirut Perumda Waemami Luwu Timur mengadakan pelatihan peningkatan sumber daya karyawan

0

Newstipikor.com. Pada hari Jumat 18 November 2022 di Ball Room I lagaligo Malili, Dirut Perumda Waemami yakni Andi Maryam Muh Nur Palullu SE, M. Ak mengadakan pelatihan peningkatan sumber daya karyawan perusahaan umum daerah air minum (Perumda) Waemami Luwu Timur.

Turut hadir Bupati Luwu Timur Drs. H. Budiman Hakim M.pd, Forkopimda Luwu Timur, Perwakilan Kejari Luwu Timur, Kepala Sekda Luwu Timur, Kepala Dirut Macca Indonesian Fondantion, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sul-Sel, serta karyawan dan karyawati Perumda Waemami Luwu Timur.

Dirut Perumda Waemami Andi Maryam M.Nur Palullu.,SE,M.Ak dalam laporan kepada Bupati Luwu Timur selaku pemberi kuasa modal Perumda Waemami Luwu timur mengatakan bahwa,Perumda Waemami sebagai perusahaan yang memberikan layanan kebutuhan dasar bagi masyarakat merupakan organ yang sangat vital yang harus terus meningkatkan produktivitas kerja, perbaikan pelayanan dan kebijakan sumber daya manusia yang mumpuni.
Atas dasar tersebut kami melakukan kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya karyawan dalam rangka mengakselerasikan pembangunan SDM yang unggul dalam menapaki kerja maksimal perusahaan.
Lanjut,kegiatan ini kami laksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya karyawan perusahaan agar dapat meningkatkan produktivitas kerja dalam pelayanan.
2. Kegiatan ini sebagai salah satu indikator penilaian kinerja yang di lakukan oleh BPKP terhadap perusahaan Waemami.
3. Kegiatan ini di laksanakan bekerjasama dengan PT.Macca Indonesian Fondantion (MIND) sebagai lembaga pelatihan SDM.
4. Kegiatan ini terlaksana selama 2 hari terhitung dari tanggal 18 – 19 November 2022 di ballroom hotel I Lagaligo Malili yang di ikuti kurang lebih 100 karyawan.

Adapun pemateri dalam kegiatan ini menurut Dirut Perumda Waemami Andi Maryam M.Nur Palullu ,. SE ,M.Ak antara lain : Bupati Luwu Timur sebagai kuasa pemilik modal Perumda Waemami,Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sul-Sel,Dirut Perumda Tirta Dharma Ayu Kab.Indramayu Provinsi Jawa Barat,Kapolres Luwu Timur,Kajari Luwu Timur ,Dirut Perumda Waemami dan Dirut MIND.

Bupati Luwu Timur Drs. H. Budiman Hakim M.pd dalam arahannya kepada seluruh karyawan Perumda Waemami agar senantiasa satu visi satu misi dan satu pemikiran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal pengelolaan air bersih di Luwu Timur.

( Tim Newstipikor )

Jelang Pilkades Serentak 2022, JPKP Kab.Maros Berkomitmen Mengawal Sampai Tuntas.

0

NewsTipikor.com.Maros – Sebentar Lagi Tinggal Menghitung Hari Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kab.Maros 2022 Sudah Di Depan Mata Yang Akan Berlangsung Pada Kamis 17 November 2022 Yang Di Ikuti Enam Belas Desa Di Kab.Maros Sudah Memasuki Masa Tenang. Selasa (15/11/2022).

Aris Sugeng Mallibu Selaku Ketua DPD JPKP Kab.Maros Saat Di Temui Awak Media Mengatakan Kami Bersyukur Dan Menyambut Baik Dengan Adanya Pilkades Serentak, Kami selaku JPKP lembaga pendamping bagaimana pilkades berjalan aman dan damai, tidak ada kecurangan-kecurangan serta money politik dan mari bertarung dengan bijak dan santun”., ungkap Aris.

“saya menghimbau kepada para cakades yang ikut bertarung mari memperlihatkan jati diri masing-masing mengajarkan masyarakat ke hal-hal yang seharusnya tanpa money politik serta kepada masyarakat harus mampu dan jeli melihat calon-calon cakades yang harus dipilih sesuai hati nurani, jangan memilih hanya karna di iming-imingi sesuatu., ujar Aris.

Lebih lanjut, Yang Perlu Di ketahui adalah desa adalah ujung tombak Pembangunan, jadi jika asal memilih cakades yang tidak merakyat, itukan masyarakat sendiri yang rugi serta JPKP berkomitmen terus mengawal pilkades serentak ini jika ada oknum-oknum atau lembaga yang ingin melakukan kecurangan pada pilkades serentak ini, karna JPKP siap selalu membantu pemerintah dalam melayani masayarakat., tegas Aris.

Pilkades Serentak Kab.Maros 2022 Ini diikuti 16 Desa Se_Kab.Maros Yakni Desa Tupabbiring Kec.Bontoa, Desa Marannu Kec.Lau, Desa Tanete Kec.Simbang, Desa Bontotallasa Kec.Simbang, Desa Sudirman Kec.Tanralili, Desa Purnakarya Kec.Tanralili, Desa Toddopulia Kec.Tanralili, Desa Tompobulu Kec.Tompobulu, Desa Benteng Gajah Kec.Tompobulu, Desa Bontomanurung Kec.Tompobulu, Desa Toddolimae Kec.Tompobulu, Desa Bonto Matinggi Kec.Tompobulu, Desa Timpuseng Kec.Camba, Desa Cenrana Kec.Camba, Desa Patanyamang Kec.Camba, Desa Tellumpanuae Kec.Mallawa.

 

(Riyan Restu Hidayat)

 

Bupati MYL Lantik Pengurus Dewan Kesenian di Pangkep

0

NewsTipikor.com.Pangkep – Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) melantik pengurus Dewan Kesenian dan Kemajuan Kebudayaan Kabupaten Pangkep periode 2022-2027, yang diisi para seniman musik, penulis, fotografi, dan juga pemerhati kebudayaan.

“Semoga dewan kesenian ini mampu menjadi pengarah kamajuan seni dan budaya di Pangkep yang tentu saja akan bermanfaat di tengah masyarakat,” kata MYL usai melantik pengurus Dewan Kesenian dan Kemajuan Kebudayaan Pangkep di aula kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep, Minggu 13 November 2022.

MYL berharap para pegiat seniman yang ada dalam kepengurusan Dewan Kesenian dan Kemajuan Kebudayaan mampu membantu pemerintah, dalam memberikan edukasi yang baik dan benar di masyarakat.

“Para pegiat senikan, kita ketahui sangat begitu dekat dan mudah menyentuh masyarakat apalagi anak-anak muda,” katanya.

Selain itu kata MYL, organisasi Dewan Kesenian ini juga merupakan wadah, bagi para pegiat seni dan pemerhati kebudayaan untuk bisa menghasilkan karya-karya yang berkualitas yang mampu ditunjukkan di masyarakat.

“Pemerintah Pangkep, tentu saja tidak diam untuk memberikan perhatian pada para pegiat seni dan pemerhati kebudayaan yang ada di Pangkep,” ujarnya.

MYL juga menuturkan, jika masa kecilnya banyak melihat ruang-ruang seni dan dibesarkan oleh seniman dan Budayawan Sulsel Asdar Muis RMS.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Kesenian dan Kemajuan Kebudayaan Kabupaten Pangkep, Nurlita Wulan Purnama berharap kehadiran Dewan Kesenian dan Kemajuan Kebudayaan Pangkep bisa berkontribusi dan memberikan yang terbaik untuk kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Pangkep, baik itu melakukan karya, atau kegiatan-kegiatan yang bisa membawa seni dan budaya lebih maju lagi.

“Harapan kita tentu saja bisa memberikan hal yang baik, karya yang baik, dan tentu saja bermanfaat bagi pelaku seni itu sendiri dan juga masyarakat,” ujarnya.

Adapun Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep Sabrun Jamil, mengatakan Dewan Kesenian dan Kemajuan Kebudayaan Pangkep mampu bersinergi dengan pemerintah untuk menciptakan Pangkep Berbudaya sesuai keinginan Bupati Pangkep.

“Harapn kita, Pangkep Berbudaya bisa terlaksana melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan teman-teman pengurus di Dewan Kesenian dan Kemajuan Kebudayaan Pangkep,” ujarnya.

(Darwis)

Bupati Barru Melantik Dan Mengambil Sumpah Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

0

NewsTipikor.com.Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si melantik dan mengambil sumpah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pengisian Antar Waktu sisa masa jabatan 2021 – 2027 bertempat di Baruga Singkeru Ada’E, Rujab Bupati Barru, Selasa (15/11/22).

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Bupati Barru tentang Pemberhentian dan pengisian Anggota Badan Permusyawaratan Desa Lempang, Desa Kamiri, Desa Bojo, Desa Ajakkang, Desa Batupute dan Desa Gattareng.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru drg.Hj Hasnah Syam, Mars Asisten, Staf Ahli, Kepala DPMDP2KB P3A Jamaluddin, S.Sos, Kepala Inspektorat Abdul Rahim S.IP, Rohaniawan dari Kementerian Agama H.Magbul Arief.

Bupati Barru Ir.Suardi Saleh menyampaikan selamat bagi PAW Anggota BPD yang dilantik dan diambil sumpahnya dan bagi yang diberhentikan terima kasih telah bekerja dengan baik.

Ia mengapresiasi pelantikan hari ini istimewa karena dihadiri Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem.
“Saya kira hari ini sangat istimewa karena jarang pelantikan seperti ini dihadiri Anggota DPR RI,” kata Suardi Saleh dalam sambutannya.

Dia menambahkan, jabatan adalah amanah, tanpa disadari Tuhan memberikan jabatan itu. Sehingga mengharapkan agar yang diberi amanah dapat dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab.

BPD itu corongnya masyarakat maka harus memperjuangkan aspirasi masyarakat serta bagian dari Pemerintah Desa untuk mewujudkan visi dan misi Bupati.
“BPD juga diharapkan dapat menggali aspirasi masyarakat yang dapat dilakukan langsung kepada kelembagaan dan masyarakat desa, tanpa memandang golongan manapun,” kata Suardi Saleh

Lanjut dia menegaskan bahwa BPD diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah desa (pemdes), sehingga pemdes dapat berjalan sesuai dengan regulasi dan aturan yang berlaku.
“Saya harapkan agar BPD mencermati skala prioritas pembangunan maka cukup efektif dari segi pembiayaan. BPD juga senantiasa menjadi pengawasan Desa melalui koordinasi dan kekeluargaan untuk kepentingan masyarakat,”ujarnya.

Sekedar diketahui Anggota BPD yang diberhentikan didominasi Calon Kepala Desa (Cakades)

1.Desa Lempang : Asnur Ramadhan alasan Diterima Karyawan Di Morowali
2.Desa Bojo: Ir. H.Tuppu Bulu Alam alasan Cakades
3.Desa Kamiri : Marmi S.Ag , alasan Cakades
4. Desa Ajakkang : Drs. Mardatillah alasan Cakades
5.Desa Batupute : Najamuddin alasan ditetapkan Cakades
H.Taha S.Pd alasan Cakades.
Desa Gattareng : Sumardin alasan cakades

Kemudian mengangkat dan menetapkan pengisian antar waktu
1.Kaharuddin Desa kamiri
2.Darmawan S,S.Hi Desa Ajakkang
3.Andi Cannu Desa Bojo
4.Arisman Desa Batupute
5.Hasaruddin, S.Sos Desa Batupute
6.Palna Desa Gattareng
7.Hardiyanti Desa Lempang

(HUMAS /Herman)