Sabtu, Februari 27, 2021
Beranda blog

kerja sama tiga pilar,babinkamtibmas,Babinsa,dan kepala desa mengantisipasi kepanikan masyarakat terkhusus warga desa lonrong

0

Marak isu-isu yang berkembang terkait mewabahnya Virus Corona kepala Desa Lonrong, Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa Polres Bantaeng Bripka Muh. Aswar Sadik, dan Babinsa Serda Saruddin tergerak untuk menyikapi hal tersebut.

Dengan Door To Door Sytem (DDS) Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa Polres Bantaeng bersama babinsa 1410 Bantaeng memberikan himbauan terkait adanya isu Virus Corona, jumat ( 06/03/2020). diharapkan masyarakat Desa Lonrong untuk tidak resah, panik ataupun takut karena sampai saat ini kenyataannya belum ada satupun warga yang terkena virus tersebut diatas.

Babinkamtibmas Dan Babinsa menggandeng Pemerintah desa (Kepala Desa) untuk menyampaikan ke warga. Dengan kerja sama tiga pilar diharapkan bisa mengantisipasi kepanikan masyarakat terkhusus warga desa Lonrong.

Selain Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa pada hari ini Jumat Tanggal 6 Maret 2020 , Jam 12.45 Wita Kasat Binmas Polres Bantaeng Iptu Suardi Hasyim melaksanakan Pembinaan dan Penyuluhan di Masjid Rahmatullah Jln. S. Calendu Kel. Malilingi Bantaeng

Dalam Penyuluhannya Kasat Binmas menyampaikan pesan pesan kamtibmas antara lain mengajak jemaah agar tidak menyalahgunakan Media Sosial Khususnya Penyebaran Berita Bohong(HOAX).
Kasat Binmas juga menyampaikan bahwa Ketersediaan Sembako di pasar cukup dan Normal sehingga tidak perlu menimbun atau membeli sembako melebihi kebutuhan sehari-hari.

Respon Pengurus Masjid dan Tokoh masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Polres Atas edukasi yang disampaikan kepada jamaah apalagi yang berkenaan dengan perkembangan mutakhir sosial kemasyarakatan, sehingga kita masyarakat berupaya untuk mencegah atau mengantisipasi secara dini Insya Allah
dan semoga Giat Binluh dilaksankan secara berkelanjutan

secara terpisah Kapolres Bantaeng AKBP Wawan Sumantri ST,SH,MH. menyampaikan Agar Seluruh personil Bhabinkamtibmas dapat berperan serta dalam mensosialisasikan terkait Isu/wabah Virus Corona, agar masyarakat tidak mudah mempercayai beri berita bohong (HOAX) terkait virus Corona.

Untuk Antisipasi atau pencegahan virus tersebut diharapka masyarakat bisa menjaga diri dengan cara selalu menjaga kebersihan Diri (Cuci tangan sebelum makan), kata Kapolres Bantaeng

Keterangan gamabar:

  1. Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa dalam Menyampaikan Pesan Kamtibmas Berama Dengan Babinsa Dan Kepala Desa
  2. Kasat Binmas Polres Bantaeng Saat Memberikan Binluh

Kontributor : Djufri DS

LPK Sulsel Minta Penggunaan BOS Transparan

0

NEWS TIPIKOR/ Sulawesi Selatan, Lemahnya pengawasan dan pembinaan, serta kurangnya sanksi tegas hingga penindakan hukum, menyebabkan realisasi laporan penggunaan Dana Operasional Sekolah (BOS) masih diragukan.

Ketua DPD LPK SULAWESI SELATAN Hasan Anwar mengatakan program pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan hanya isapan jempol. Terutama demi mencerdaskan anak bangsa.

Sebab, kata dia, di lapangan muncul konflik kepentingan dan sarat kolusi korupsi, dan nepotisme (KKN). Belum lagi tumpang tindih pemahaman tugas pokok fungsi bidang pendidikan menyebabkan banyak program pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan. “Baik melalui BOS atau yang lainnya tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” kata Anwar Senin 3/3-2020

Menurut dia, sesuai dengan Undang Undang No. 14 tahun 2008 dan Juknis Menteri Pendidikan No. 161 tahun 2014 tentang BOS, perlu adanya keterbukaan informasi publik. “Selain itu, perlu juga ada pembinaan, pengawasan, dan tindakan tegas jika terjadi penyimpangan,” kata dia.

Hasil pantauan Tim LPK sulsel dan ketua DPC LPK JENEPONTO bahwa penggunaan BOS di SMKN 9 JENEPONTO Masih aboradul,kenapa tidak Kepala UPT sendiri yang jadi Bendahara Bos “dan itu perintah oknum Di DISDIK ucapnya.

Ketua DPC LPK JENEPONTO Syamsuddin mengatakan bahwa penggunaan BOS memang harus transparan dan diumumkan ke publik, terutama orangtua siswa. “Tujuannya, guna menghindari penyimpangan dan pertanyaan publik terkait penggunaan BOS,” kata dia.

Salah satu Hasil pantauan dari Tim LPK sulsel dan ketua DPC LPK JENEPONTO Senin, 3/3/20, bahwa penggunaan BOS di SMKN 9 JENEPONTO Masih amburadul dan Menyalahi Aturan Tentang Penggunaan dan Pengelolaan Dana BOS. Faktanya Disekolah Tersebut Kepala UPT sendiri yang merangkap Bendahara BOS, dan tidak menghiraukan Surat edaran dari Mendagri no. 971-7791 tahun 2018, bahwa sekolah penerima bantuan biaya operasional sekolah ( BOS ) tidak diperkenkan mengangkat bendahara BOS yang berstatus Non PNS. Namun kepala sekolah berdalih bahwa katanya tidak ada berkompeten disekolah kami seorang PNS yang bisa diangkat menjadi bendahara. Katanya itu Sah sah saja dan itu atas perintah dan Petunjuk langsung oleh oknum Di DISDIK Provinsi yang memperbolehkan kepala UPT bisa merangkap menjadi bendahara BOS. Ucapnya.

Ketua DPC LPK JENEPONTO Syamsuddin mengatakan bahwa penggunaan BOS memang harus transparan dan Itu diumumkan dalam Papan Informasi Dana BOS sehingga seluruh elemen dalam lingkup sekolahan juga berhak mengetauinya baik publik, dan Terutama perwakilan dari orangtua siswa. Yakni Komite Sekolah yang bertujuan guna menghindari adanya indikasi penyimpangan yang mengarah kepada tindak pidana Korupsi sesuai dengan Permendikbud no.18 tahun 2019, tentang wujud ketransparansian penggunaan dan pengelolaan dana BOS. Sehingga apa yang kita inginkan semua dapat berjalan sesuai dengan program pemerintah serta harapan kita semua ” Tegasnya. (Sp) .

Kontributor/Andi Ibrahim/ Andi Batara Gau

Sanksi Pidana Hingga Pemecatan Menanti Personel Polres Parepare Terlibat Penyalahgunaan Narkoba

0

Newstipikor | Pare-pare  Sebanyak 79 personel Polres Parepare dilakukan pemeriksaan urine yang dilangsungkan di Mapolres 2 Jalan Andi Isa, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Rabu (24/2/2021).

Pemeriksaan tes urine ini dilakukan kepada personel Sat Lantas, Binmas, dan Res Narkoba. 9 orang personel yang tidak ikut dalam pemeriksaan tersebut.

Kasi Propam Polres Parepare, Ipda Kisman mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti perintah Kapolri dalam program seratus hari kerja.

Jika ditemukan ada anggota yang terindikasi penggunaan barang haram tersebut, maka pihaknya tak segan-segan untuk mempidanakan, bahkan dilakukan Pemberhentian Tidak Dengan Terhormat (PTDH) atau dipecat.

Lebih lanjut kata dia, selain program Kapolri, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap enam bulan sekali oleh Propam Polres Parepare bersama Urusan Kesehatan Polres Parepare.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pengawasan dan pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba oleh personel Polres Parepare.

Kegiatan tersebut juga dihadiri para personel Si Propam serta dua personel Baur Kesehatan Polres Parepare. (HG)

Polres Pangkep gencar Melaksanakan Ops Yustisi

0

Newstipikor | Pangkep Polres Pangkep beserta Polres Jajaran gencar melaksanakan Operasi Yustisi guna Pendisiplinan dan Sosialisasi Prokes kepada masyarakat untuk mengedepankan Protokol Kesehatan Covid 19. Senin (22/02/21).

Upaya upaya terus dilakukan untuk mendukung langkah pemerintah dalam menggelar Operasi Yustisi guna pencegahan penyebaran Covid19 khususnya di wilayah hukum Polres Pangkep yakni Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Kapolres Pangkep AKBP Endon Nurcahyo, S.I.K. mengatakan kegiatan Operasi Yustisi Kali ini digelar di beberapa wilayah Kabupaten Pangkep diantaranya Desa Mandalle, Kecamatan Bungoro dan beberapa daerah lain yang tersebar di pangkep.

Personil Polsek Mandalle melakukan Operasi yustisi dan sosialisasi Protokol Kesehatan covid 19 di beberapa titik keramaian seperti Kafe, Warkop, Kios dan tempat-tempat lainnya yang ada di Mandalle.

Himbauan dan Sosialisasi Protokol Kesehatan covid 19 juga dilakukan oleh Bag Sumda dengan melibatkan Porsenil sumda yang dipimpin masing-masing Paur Bag Sumda.

Selain itu, Polsek Bungoro turut serta melaksanakan Operasi Yustisi di wilayah hukumNya. Kegiatan dipimpin oleh Aiptu Patahuddin bersama piket gabungan giat Operasi Yustisi.

Dalam pelaksanaan operasi yustisi tersebut didapati bebrapa pelanggar mulai dari pelanggar tidak Memakai masker dengan benar, masker di bawah dagu dan pelanggar tidak memakai masker.

“Dalam operasi yustisi para pelanggar di berikan Sanksi teguran Lisan dan kita beri masker”. Ucap Kapolres Endon.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan himbauan Kepada Warga Masyarakat untuk senangtiasa Memakai masker, Membiasakan diri Mencuci tangan, Tetap Menjaga jarak serta Menghindari berkerumun.” tambah Endon Nurcahyo.

Terakhir harapan Kapolres dengan digelarnya Operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan dapat menekan jumlah positif Covid-19 di Indonesia khususnya Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

KARDIANA (HMS).

Kunker Diskominfo Enrekang di Gowa, Pelajari Koordinasi dan Kemitraan dengan Media

0

Newstipikor | Gowa Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Enrekang melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Gowa dalam rangka menguatkan pengetahuan terkait kordinasi dan kemitraan perusahaan media.

Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Enrekang, Hasbar mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Gowa khususnya ke Diskominfo-SP Kabupaten Gowa untuk belajar terkait pemberitaan dan membangun kemitraan dengan media. Mulai dari media massa, media elektronik, terutama media online.

Apalagi saat ini di Kabupaten Enrekang diakui sudah banyak muncul perusahaan media online. Sehingga dirinya pun merasa perlu belajar terkait tips-tips dalam memilih media online untuk diajak bekerjasama dalam rangka menginformasikan ke masyarakat terkait kebijakan hingga pencapaian yang telah diraih pemerintah.

“Mengingat tahun ini kami baru pertama kalinya akan bekerjasama atau bermitra dengan media online. Makanya kami perlu banyak masukan,” katanya di sela-sela kunjungan, Senin (22/2).

Selain itu, pada kesempatan pihaknya juga mempelajari terkait prosedur dalam mendirikan radio tingkat daerah hingga infrastruktur jaringan yang dapat tersambung ke seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa.

“Kami memilih Kabupaten Gowa karenadaerah ini memiliki topografi yang sama dengan di Enrekang. Karena wilayah kami ada juga pegunungan jadi mirip dengan wilayah kami,” ujarnya.

Sementara, Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni menjelaskan bahwa di Diskominfo-SP Kabupaten Gowa menjalankan empat bidang dengan program prioritas masing-masing. Dirinya menyebutkan untuk pemberitaan dan kemitraan dengan media dibawa Bidang Komunikasi Publik.

Dirinya menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan media. Baik media cetak, elektronik atau televisi maupun media online.

“Komunikasi dengan sejumlah media terus dijalin dengan baik hingga saat ini. Karena kami merasa pembangunan daerah akan berjalan dengan baik dengan dukungan dari media,” ujarnya.

Saat ini, Diskominfo-SP Kabupaten Gowa juga telah mengelola media sendiri yaitu radio pada saluran Rewako100,4 Fm, dan media online pada situs rewako.id.

“Rewako FM telah berdiri sekitar 18 tahun, dan menjadi andalan kita untuk menyebar luaskan informasi dan progarm-program yang ada di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Sementara untuk infrastruktur jaringan yang ada di wilayah Ibukota Kabupaten Gowa, yakni Kota Sungguminasa sudah terkoneksi jaringan fiber optik. Sementara untuk dataran tinggi jaringannya menggunakan Base Transceiver Station (BTS).

“Jadi kita pakai repeater yang dipasang di tower-tower milik vendor yang kita ajak kerjasama,” ungkapnya saat menerima rombongan Diskominfo Kabupaten Enrekang di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa.

Arifuddin berharap hasil kunjungan kerja ini bisa bermanfaat bagi Kabupaten Enrekang maupun Kabupaten Gowa, serta terus dapat melakukan komunikasi dan koordinasi dengan baik.

KARDIANA/HMS.

Ditengah Pandemi Covid 19 Polsek Segeri Tetap Lakukan Patroli Blue Light

0

Newstipikor | Pangkep Patroli Polsek Segeri dipimpin Aiptu Kahar Muzakkir dan Bripka Subandi S melaksanakan patroli di Poros Provinsi Kelurahan Bontomatene sembari memberikan himbauan kepada sopir yang bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, Minggu (21/02/21)

Dalam kesempatan tersebut Bripka Subandi S juga menyampaikan pesan kepada sopir Truck agar senantiasa mematuhi rambu – rambu lalu lintas yang ada saat berkendara. Hal ini dimaksudkan untuk memelihara keselamatan pengguna jalan dan pengendara lain serta sang sopir itu sendiri.

Kapolsek Kepolisian Sektor Segeri Iptu Sumarto juga menambahkan bahwa saat berkendaran terlebih lagi saat membawa Kendaraan jangan melaju dengan kecepatan tinggi apalagi ugal – ugalan dengan alasan mengejar waktu ataupun mengejar setoran. Anak dan istri sudah menunggu di rumah untuk selalu jagalah keselamatan di jalan raya.

“Himbauan tentang keselamatan berlalu lintas tidak henti – hentinya disampaikan oleh Petugas Kepolisian kepada para sopir, hal ini kami lakukan untuk menekan angka kecelakaan yang banyak diisi oleh kendaraan angkutan massal seperti halnya bis dan lain sebagainya”, ujar Kepala Kepolisian Sektor Segeri saat dikonfirmasi di tempat terpisah.

KARDIANA/HMS.

DPRD Bombana akan Adopsi Program Peningkatan PAD Pemkab Gowa

0

Newstipikor | Gowa Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dilirik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara. Olehnya, dirinya mengaku akan mengkaji program-program yang telah dilakukan untuk diadopsi wilayahnya.

Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bombana, Nasrudin mengatakan, kunjungan ke Kabupaten Gowa ini untuk melihat langkah-langkah yang dilakukan Kabupaten Gowa dalam meningkatkan PAD.

“Daerah kami merupakan pemekaran dari Kabupaten Buton, saat ini usianya baru berumur 18 tahun. Ini jauh bedanya dengan Kabupaten Gowa. Makanya sangat tepat kalau kita banyak berguru ke daerah ini,” katanya di sela-sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa, Jumat (19/2).

Ia pun berharap, kedatangannya tersebut bisa memberikan dampak positif bagi Kabupaten Bombana kedepannya. Terkhusus pada upaya meningkatkan PAD.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Gowa, Ismail Majid menyebutkan PAD Kabupaten Gowa pada 2020 lalu di atas 100 persen dari target walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah PAD Tahun 2020 kami target sebesar Rp 224 miliar dan yang terealisasi sebesar Rp228 miliar atau di atas 100 persen sekian. Dan ini mendapat apresiasi dari KPK karena kita mampu mencapai 80 persen lebih,” katanya.

Dirinya menyebutkan berbagai langkah dalam upaya meningkatkan PAD antara lain terus melakukan kajian terhadap potensi-potensi PAD yang ada di Kabupaten Gowa, pemutahiran data dan pengawasan.

“Beberapa hal inilah yang menjadi pemicu untuk melakukan intensifikasi peningkatan PAD,” ujarnya.

Sementara, untuk realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Gowa juga berjalan optimal atau mencapai 100 persen. Hal ini bisa berjalan dengan baik karena pemerintah kabupaten memberikan perhatian kepada camat, kepala desa/lurah dan kepala dusun/lingkungan dengan memberikan penghargaan yang bisa mencapai target PBB.

“Kami telah memberikan reward kepada mereka berupa umroh. Dengan ada reward ini memberikan nuansa-nuansa positif bagi penerimaan pajak kita,” jelasnya.

Selain itu, salah satu upaya meningkatkan PAD Kabupaten Gowa yaitu dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD). Sehingga semua proyek atau cabang perusahaan yang masuk di Kabupaten Gowa wajib membayar pajak.

Olehnya dirinya juga menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Bombana dapat mengadopsi beberapa hal-hal yang dilakukan dalam meningkatkan PAD, salah satunya membuat peraturan daerah terkait NPWP Daerah. Apalagi Kabupaten Bombana merupakan daerah industri sehingga sangat memiliki potensi besar.

“Kalau bapak menggunakan Perda NPWPD ini maka perusahaan atau proyek nasional itu tidak bayar pajak lagi ke DKI Jakarta. Tapi PPH dari perusahaan tersebut masuk di daerah kita,” ungkapnya.

KARDIANA (HMS).

Adnan Serahkan Tugas PLH Bupati Gowa ke Kamsin

0

 

Newstipikor | Gowa Berakhirnya masa jabatan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni periode 2016-2021 pada 17 Februari kemarin, Pelaksana Harian Bupati Gowa, Kamsina yang ditunjuk beberapa waktu lalu akan melanjutkan tugas rutinnya selama beberapa hari kedepan.

Hal itu ditandai dengan penyerahan tugas dari  Bupati Gowa periode 2016-2021 ke Plh Bupati Gowa, Kamsina di Baruga Karaeng Galesong, Jumat (19/2).

Kamsina mengaku selama dirinya ditunjuk menjadi pelaksana harian, pihaknya akan memastikan kegiatan atau rutinitas pemerintahan Kabupaten Gowa akan terus berjalan sebagaimana mestinya.

“Penunjukan saya sebagai Plh Bupati Gowa untuk mengisi kekosongan berdasarkan arahan Kementerian Dalam Negeri. Jadi selama beberapa hari kedepan saya akan menjalankan tugas ruitn bupati tapi yang bersifat prinsip itu tidak bisa dilakukan atau harus menadapat izin Mendagri,” ungkapnya.

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, memori penyerahan ini merupakan momen penting agar roda pemerintahan di Gowa berjalan sebagaimana mestinya sampai dengan pelantikan kepala daerah terpilih dilakukan yang direncanakan pada 25 atau 26 Februari 2021 mendatang.

“Memori ini untuk mengisi kekosongan, meskipun hanya beberapa hari namun Plh bupati berwenang melaksanakan tugas bupati yang bersifat rutin atau mendapat izin dari Kemendagri,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu dirinya juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada jajaran Forkopimda, SKPD dan pihak-pihak terkait selama memimpin Kabupaten Gowa di lima tahun belakangan.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih sebanyak 121 penghargaan baik secara lokal, nasional hingga internasional. Penghargaan dan prestasi ini berkat kerjasama seluruh pihak.

“Antara lain WTP 9 kali berturut-turut, APIP level 3, LPPD peringkat 21 dan Sakip Gowa yang meraih kategori B. Semua itu berkat kerjasama dan kebersamaan kita dalam membangun Gowa,” tegasnya.

Ia berharap usai penyerahan tugas ini, roda Pemerintahan Kabupaten Gowa berjalan dengan baik dan nantinya pada saat pelantikan yang dilakukan pihaknya akan memperbaiki tata kelola pemerintahan yang lebih gesit, inovatif  dan adaptif.

“Selamat kepada ibu Plh Bupati Gowa dalam memimpin daerah kita di masa transisi ini, tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menjaga terus menjaga protokol kesehatan,” harap Adnan.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni periode 2016-2021, Forkopimda Kabupaten Gowa, Kemenag Gowa, Ketua Pengadilan Agama, dan Kepala SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

KARDIANA (HMS).