Selasa, Juli 27, 2021
Beranda blog

kerja sama tiga pilar,babinkamtibmas,Babinsa,dan kepala desa mengantisipasi kepanikan masyarakat terkhusus warga desa lonrong

0

Marak isu-isu yang berkembang terkait mewabahnya Virus Corona kepala Desa Lonrong, Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa Polres Bantaeng Bripka Muh. Aswar Sadik, dan Babinsa Serda Saruddin tergerak untuk menyikapi hal tersebut.

Dengan Door To Door Sytem (DDS) Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa Polres Bantaeng bersama babinsa 1410 Bantaeng memberikan himbauan terkait adanya isu Virus Corona, jumat ( 06/03/2020). diharapkan masyarakat Desa Lonrong untuk tidak resah, panik ataupun takut karena sampai saat ini kenyataannya belum ada satupun warga yang terkena virus tersebut diatas.

Babinkamtibmas Dan Babinsa menggandeng Pemerintah desa (Kepala Desa) untuk menyampaikan ke warga. Dengan kerja sama tiga pilar diharapkan bisa mengantisipasi kepanikan masyarakat terkhusus warga desa Lonrong.

Selain Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa pada hari ini Jumat Tanggal 6 Maret 2020 , Jam 12.45 Wita Kasat Binmas Polres Bantaeng Iptu Suardi Hasyim melaksanakan Pembinaan dan Penyuluhan di Masjid Rahmatullah Jln. S. Calendu Kel. Malilingi Bantaeng

Dalam Penyuluhannya Kasat Binmas menyampaikan pesan pesan kamtibmas antara lain mengajak jemaah agar tidak menyalahgunakan Media Sosial Khususnya Penyebaran Berita Bohong(HOAX).
Kasat Binmas juga menyampaikan bahwa Ketersediaan Sembako di pasar cukup dan Normal sehingga tidak perlu menimbun atau membeli sembako melebihi kebutuhan sehari-hari.

Respon Pengurus Masjid dan Tokoh masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Polres Atas edukasi yang disampaikan kepada jamaah apalagi yang berkenaan dengan perkembangan mutakhir sosial kemasyarakatan, sehingga kita masyarakat berupaya untuk mencegah atau mengantisipasi secara dini Insya Allah
dan semoga Giat Binluh dilaksankan secara berkelanjutan

secara terpisah Kapolres Bantaeng AKBP Wawan Sumantri ST,SH,MH. menyampaikan Agar Seluruh personil Bhabinkamtibmas dapat berperan serta dalam mensosialisasikan terkait Isu/wabah Virus Corona, agar masyarakat tidak mudah mempercayai beri berita bohong (HOAX) terkait virus Corona.

Untuk Antisipasi atau pencegahan virus tersebut diharapka masyarakat bisa menjaga diri dengan cara selalu menjaga kebersihan Diri (Cuci tangan sebelum makan), kata Kapolres Bantaeng

Keterangan gamabar:

  1. Bhabinkamtibmas Polsek Eremerasa dalam Menyampaikan Pesan Kamtibmas Berama Dengan Babinsa Dan Kepala Desa
  2. Kasat Binmas Polres Bantaeng Saat Memberikan Binluh

Kontributor : Djufri DS

LPK Sulsel Minta Penggunaan BOS Transparan

0

NEWS TIPIKOR/ Sulawesi Selatan, Lemahnya pengawasan dan pembinaan, serta kurangnya sanksi tegas hingga penindakan hukum, menyebabkan realisasi laporan penggunaan Dana Operasional Sekolah (BOS) masih diragukan.

Ketua DPD LPK SULAWESI SELATAN Hasan Anwar mengatakan program pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan hanya isapan jempol. Terutama demi mencerdaskan anak bangsa.

Sebab, kata dia, di lapangan muncul konflik kepentingan dan sarat kolusi korupsi, dan nepotisme (KKN). Belum lagi tumpang tindih pemahaman tugas pokok fungsi bidang pendidikan menyebabkan banyak program pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan. “Baik melalui BOS atau yang lainnya tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” kata Anwar Senin 3/3-2020

Menurut dia, sesuai dengan Undang Undang No. 14 tahun 2008 dan Juknis Menteri Pendidikan No. 161 tahun 2014 tentang BOS, perlu adanya keterbukaan informasi publik. “Selain itu, perlu juga ada pembinaan, pengawasan, dan tindakan tegas jika terjadi penyimpangan,” kata dia.

Hasil pantauan Tim LPK sulsel dan ketua DPC LPK JENEPONTO bahwa penggunaan BOS di SMKN 9 JENEPONTO Masih aboradul,kenapa tidak Kepala UPT sendiri yang jadi Bendahara Bos “dan itu perintah oknum Di DISDIK ucapnya.

Ketua DPC LPK JENEPONTO Syamsuddin mengatakan bahwa penggunaan BOS memang harus transparan dan diumumkan ke publik, terutama orangtua siswa. “Tujuannya, guna menghindari penyimpangan dan pertanyaan publik terkait penggunaan BOS,” kata dia.

Salah satu Hasil pantauan dari Tim LPK sulsel dan ketua DPC LPK JENEPONTO Senin, 3/3/20, bahwa penggunaan BOS di SMKN 9 JENEPONTO Masih amburadul dan Menyalahi Aturan Tentang Penggunaan dan Pengelolaan Dana BOS. Faktanya Disekolah Tersebut Kepala UPT sendiri yang merangkap Bendahara BOS, dan tidak menghiraukan Surat edaran dari Mendagri no. 971-7791 tahun 2018, bahwa sekolah penerima bantuan biaya operasional sekolah ( BOS ) tidak diperkenkan mengangkat bendahara BOS yang berstatus Non PNS. Namun kepala sekolah berdalih bahwa katanya tidak ada berkompeten disekolah kami seorang PNS yang bisa diangkat menjadi bendahara. Katanya itu Sah sah saja dan itu atas perintah dan Petunjuk langsung oleh oknum Di DISDIK Provinsi yang memperbolehkan kepala UPT bisa merangkap menjadi bendahara BOS. Ucapnya.

Ketua DPC LPK JENEPONTO Syamsuddin mengatakan bahwa penggunaan BOS memang harus transparan dan Itu diumumkan dalam Papan Informasi Dana BOS sehingga seluruh elemen dalam lingkup sekolahan juga berhak mengetauinya baik publik, dan Terutama perwakilan dari orangtua siswa. Yakni Komite Sekolah yang bertujuan guna menghindari adanya indikasi penyimpangan yang mengarah kepada tindak pidana Korupsi sesuai dengan Permendikbud no.18 tahun 2019, tentang wujud ketransparansian penggunaan dan pengelolaan dana BOS. Sehingga apa yang kita inginkan semua dapat berjalan sesuai dengan program pemerintah serta harapan kita semua ” Tegasnya. (Sp) .

Kontributor/Andi Ibrahim/ Andi Batara Gau

Sambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Polres Gowa Berbenah

0

Sambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dengan Tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” bagian logistik (Bag Log) Polres Gowa mulai menghias atap gedung merah putih yang menjadi Icon Polres Gowa dengan tulisan Polres Gowa dan gambar bendera merah putih pada Senin sore (26/7/2021).

Diharapkan dengan seni yang dimiliki para personil Bag Log Polres Gowa akan mampu memperindah sekaligus mempercantik tampilan Polres Gowa menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Dengan bahu-membahu para personil Sarpras memulai pembuatan tulisan Polres Gowa kemudian melukis gambar bendera merah putih pada atap gedung merah putih Polres Gowa sebagai wujud kecintaan terhadap negara kesatuan republik Indonesia.

Saya berharap dengan inovasi yang dilakukan bagian logistik (Bag Log) Polres Gowa menyambut hari kemerdekaan tahun 2021 ini akan menambah motivasi seluruh personil Polres Gowa untuk melakukan yang terbaik demi kemajuan Bangsa Indonesia khususnya dalam membangun jiwa kebangsaan seluruh rakyat Indonesia, ujar kasubag humas Polres Gowa AKP. M. Tambunan.

Fandhie

Turut Berbelasungkawa, Kanit Binmas Melayat Ke Rumah Duka

0

Bentuk kepedulian serta ungkapan rasa belasungkawa Kanit Binmas Polsek Bontomarannu Ipda Naim bersama Lurah Bontomanai Muh. Ilham melayat kerumah duka Husain Dg Rani yang meninggal karena sakit akibat terjatuh dikamar mandi rumahnya di Kel. Bontomanai Kec. Bontomarannu Kab. Gowa, Senin (26/07/21).

Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas menyampaikan turut berduka cita sebesar-besarnya kepada keluarga almarhum sekaligus memberikan dukungan moril kepada keluarga yang ditinggalkan serta mendoakan arwah almarhum diterima di sisi-Nya.

Kanit Binmas juga mengajak dan menghimbau kepada keluarga almarhum serta warga yang melayat agar tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19.

Ditempat terpisah Kapolsek Bontomarannu saat dikonfirmasi mengatakan “saya saya mengapresiasi Kanit Binmas yang melayat kerumah duka salah satu Tokoh di Kel. Bontomanai sebagai bentuk rasa empati dan dukungan moril , serta tidak lupa juga selalu mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19” Uangkap Iptu Bahtiar.

Humas Polres Gowa

Fandhie

 

Kapolda Sulsel Buka Pendidikan Pembentukan Calon Bintara Polri TA 2021 di SPN Batua Polda Sulsel

0

Newstipikor.com
Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen. Pol. Drs. Merdisyam membuka pendidikan pembentukan Bintara Polri 2021 di Sekolah Polisi Negara Polda Sulsel di Makassar, Senin (26/07/2021)

Upacara pembukaan pendidikan ini, Kapolda Sulsel didampingi Pejabat Utama Polda Sulsel, Pengurus Bhayangkari Daerah serta staf SPN Polda Sulsel

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Drs. Merdisyam membacakan sambutan Kalemdiklat Pol Komjen Pol Prof Dr. H. Rycko Amelza Dahniel

Dalam sambutannya, Kalemdiklat Polri mengucapkan selamat calon Bintara Polri yang dinyatakan lulus dan mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri serentak di Sekolah Polisi Wanita dan 31 Satdik Polda jajaran.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari perjuangan saudara yang disertai doa dan dukungan orang tua dan keluarga serta berkah dan karunia Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, wujudkan rasa syukur melalui komitmen untuk melaksanakan pendidikan dengan penuh semangat, kesungguhan dan Integritas, ” ucap Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Merdisyam., saat membacakan sambutan Kalemdiklat Polri.

Kalemdiklat menambahkan, program pendidikan pembentukan Bintara Polri 2021 ini dilaksanakan di situasi pandemi Covid-19. pelaksanaan pendidikan tetap dengan Tatap muka atu on campus dengan mengelola seminimal mungkin penularan Covid 19, selama pendidikan

Diktuba Tahun ini diterapkan kurikulum Baru, yaitu Kurikulum Presisi, sebagai penjabaran Transformasi Polri yang Presisi

“Tingkat kepercayaan rakyat terhadap Polisi harus tinggi, olehnya itu harus dipersiapkan SDM Polri agar lebih unggul, kompetitif, Kreatif, dan Inovatif, dan pendidikan adalah aspek penting dalam pembangunan SFM Polri, ” imbuh Kalemdiklat Polri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Drs. Merdisyam

Usai memberikan arahan, Kapolda Sulsel selaku Inspektur Upacara menyematkan tanda pangkat siswa kepada perwakilan Siswa Diktuk Bintara Polri T.A. 2021-2022,

Perlu diketahui, SPN Polda Sulsel akan mendidik secara Keseluruhan Casis Bintara Polri sebanyak 816 Orang terdiri dari Sulsel 327 Casis , Sulbar 323 Casis dan dari Kalimantan Utara 166 Casis , mereka akan menjalani pendidikan selama 5 bulan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ditemui saat acara berlangsung, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E Zulpan mengatakan Diktuk Bintara Polri tahun ini tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan sehubungan dengan masa pandemi COVID-19.

“Ada hal penting yang harus juga dilaksanakan yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan tetap mencuci tangan. Kepada para Siswa Diktuk Bintara Polri agar tetap menjaga kesehatan, hingga nantinya pendidikan ini ditutup dan semuanya dapat menjadi personel Polri yang Presisi,” kata E Zulpan.

Andi Burhanuddin

Kapolsek Ajangale Sampaikan Imbauan Kepada Warga Kontak Erat Pasien Covid-19.

0

Newstipikor.com
BONE – Intensifkan pencegahan penyebaran Covid 19 di wilayah kerjanya Kapolsek Ajangale Polres Bone Iptu Abdul Hamid, S.H., mengunjungi warga yang melaksanakan isolasi mandiri karena kontak erat dengan pasien Covid – 19 di Kelurahan Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. Senin ( 26/07/2021 )

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Ajangale didampingi Kanit Propam Polsek Ajangale Aiptu Syamsul Bahri, Kanit Intel Polsek Ajangale Aipda Paisal dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Pompanua Aipda Andi Marawali

Kapolsek Ajangale Polres Bone Iptu Abdul Hamid, S.H., pada kesempatan tersebut memberi dukungan moril kepada warga yang kontak erat pasien agar selalu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas dengan cara berolahraga secara mandiri, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin.

“Kita mengimbau agar mereka selalu semangat menjalani isolasi mandiri dan tidak lupa berdoa,” ucap Kapolsek Ajangale.

Saya juga menugaskan Bhabinkamtibmas, untuk selalu melakukan pemantauan terhadap warga tersebut dengan koordinasi petugas Posko PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ) guna mengurangi risiko penularan Covid -19.

“Bhabinkamtibmas akan melakukan pemantauan terhadap warga vinaannya yang menjalani isolasi mandiri tentunya dengan koordinasi petugas Posko PPKM. Pungkas Kapolsek.

Andi Burhanuddin

Bhabinkamtimbas dan Tim Tracer PPKM Mikro Kunujungi Rumah Isolasi Mandiri

0

Newstipikor.com
Bone – Manurungnge. Dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan perekonomian dan transformasi ekonomi nasional Bhbinkamtimbas bersama Tim tracer PPK Mikro mengunjungi rumah isolasi mandiri.
Bhabinkamtibmas Bripka Alikha, Babinsa bersama Tim tracer PPKM Mikro Kelurahn Cellu mendatangi rumah isolasi mandiri inisial HS (31), pekerjaan karyawan swasta, Alamat Jl. Annur 1B No.XX D Jaktim terkonfirmasi Covid -19 riwayat perjalanan Jakarta. “Senin (26/07/2021.

Hal ini dilakukan sebagai tindakan awal pencegahan kemungkinan terkonfirmasi kasus Covid-19, makanya kita sarankan kepada warga yang sudah kontak agar erat agar supaya melakukan isolasi mandiri. “sebutnya.

Ditempat terpisah Kapolsek Tanete Riattang Polres Bone Akp Andi Ikbal, S.Pd., SH mengatakan PPKM Mikro di tingkat kelurahan ini harus berjalan maksimal.

Lakukan tracing atau pelacakan kepada setiap warga yang sudah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi covid-19.

Tim PPKM ini harus bergerak cepat karena penyebaran covid-19 ini meningkat, jadi PPKM mikro ini memang harus berperan aktif lakukan langkah pemutusan penyebaran covid-19.

Dirinya juga meminta kesadaran warga jangan abaikan protokol kesehatan, Covid -19 ini kita lawan dengan disiplin mencuci tangan atau pakai Hand Sanitizer, jaga jarak, hindari kerumunan dan selalu pakai masker. “tutup Kapolsek.

Andi Burhanuddin

Pengusaha asal Aceh Beri Hibah 2 Triliun ke Polda Sumsel untuk Penanganan Covid 19

0

Newstipikor.com
Polda Sumsel mendapat bantuan dana penanggulangan covid-19 sebesar Rp.2 Triliun. Bantuan ini diberikan oleh keluarga alm Akidi Tio, pengusaha sukses asal Kota Langsa Kabupaten Aceh Timur melalui dokter keluarga mereka di Palembang, Prof dr Hardi Darmawan. Penyerahan dana bantuan turut diserahkan ke Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, dan disaksikan Gubernur Sumsel H Herman Deru, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Dra Lesty Nuraini Apt Kes dan Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji.

“Ini luar biasa sekali, ada yang memberikan bantuan untuk penanganan covid-19”

“Bantuan berupa uang sebesar Rp. 2 triliun,” ujar Gubernur Sumsel H Herman Deru saat ditemui setelah penyerahan bantuan covid-19 sebesar Rp 2 T di Mapolda Sumsel, Senin (26/7/2021).

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, Akidi Tio adalah keluarga yang ia kenal saat bertugas di Aceh beberapa tahun silam.

Perwakilan keluarga lalu menyampaikan kepada dirinya bahwa akan ada bantuan dana yang diberikan kepada masyarakat Sumsel terdampak covid-19.

Meski Kapolda sendiri tak menampik sempat sedikit dibuat terkejut dengan nominal fantastis dari bantuan yang diberikan.

“Mendengarnya saja kaget, apalagi melaksanakan (amanah) itu”

“Menurut saya ini adalah amanah yang sangat luar biasa dan berat sekali karena uang yang diamanahkan ini besar dan pastinya harus dipertanggungjawabkan”

Sementara Gubernur Hernan Deru turut mengapresiasi bantuan yang diberikan keluarga almarhum Akidi Tio.

“Sumsel dapat bantuan COVID-19. Dananya sekitar Rp 2 triliun,” kata Deru usai penyerahan dana hibah COVID-19 di Polda Sumsel.

Andi Burhanuddin